Biak Numfor: Mencapai Masa Depan Yang Bahagia

Minggu, 17 Maret 2013

Bagaimana Mengubah Perilaku

 ............................................
MENGUBAH PERILAKU
.............................................

           Satu hal yang penting menyangkut perubahan pada diri manusia adalah kita harus menentukan dahulu apa yang sedang ingin kita rubah. setelah itu ada 2 cara yang direkomendasikan yaitu: pertama, mengubah perilaku itu sendiri; kedua, mengubah pola pikir atau mindset.
           Pertama: untuk mengubah perilaku itu sendiri kita harus temukan, pahami perilaku2 spesifik yang ingin diubah dan pusatkan perhatian dan intensitas emosi untuk mengubahnya.
          Kedua: Jika seorang ingin mengubah perilakunya maka pertama2 ia harus terlebih dahulu ingin berubah dan mau berubah. Harus ada kesadaran penuh yang berasal dari dalam diri untuk berubah. Oleh sebab itu harus ada upaya-upaya sistematis, konsisten, dan terencana untuk membentuk pola pikir baru, paradigma baru, mindset baru yang dapat menggantikan pola pikir lama dengan segala infrastruktur psikologi dan sosial yang telah turut terbentuk bersama pola pikir lama tadi.
          Pada dasarnya otak manusia tidak mengenal kata 'jangan', semakin anda melarang sesuatu semakin kuat sesuatu yang dilarang itu mencengkeram pikiran kita. Kita hanya bisa menghilangkan objek tadi dengan menggantinya dengan objek baru.
Jika ada perilaku yang ingin Anda ubah, maka harus Anda mengantikan perilaku itu dengan perilaku lain yang lebih bermanfaat. yang terlebih dahulu telah mempertimbangkan sebab-akibat dari perilaku itu sendiri.

Semoga bermanfaat.
By. Mores Kbarek 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar